:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 27 Januari 2009

One Night In Mosque

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga Mabit sesuai jadual yang telah direncanakan. Dari 50 santriwan/wati (26 ikhwan dan 24 akhwat) yang telah mendaftar, 3 orang mengundurkan diri. Kegiatan dimulai pada Hari Sabtu pukul 16.00 sampai 17.15 dengan acara TPA, membaca Iqro’/Al Qur’an, dilanjutkan pengajian menjelang maghrib yang disampaikan oleh Direktur TPA Al Hikmah Sri Agung Pangarso. Materi yang disampaikan adalah "Ada apa dengan Mabit". Selepas Sholat Maghrib acara dilanjutkan dengan pembukaan, makan malam dan Sholat Isya’. Mabit dibuka secara resmi oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Drs. Slamet Riyadi. Dalam sambutannya ketua takmir berpesan pada peserta untuk mengambil pelajaran dari apa yang akan disampaikan oleh kakak-kakak pemateri dan nantinya dapat dipraktekkan pada kehidupan sehari-hari.

Setelah sholat Isya’, Pukul 19.45 WIB kegiatan dilanjutkan dengan Materi "Akhlaq" yang disampaikan oleh Bapak Sutarjo, kemudian materi "Perjuangan Islam" oleh Bapak Wagiran dan Materi terakhir untuk malam hari itu "Cinta Masjid" oleh Bapak Edi Juwanta. Kegiatan diakhiri pada pukul 11.45 WIB. Istirahat dulu persiapan sholat Lail.

ZZZ...zzz....ZZzzZ..

Bangun.... Jam 03.15 WIB, waktunya Sholat Malam. Kegiatan dipimpin Bapak Iswandi dan diisi sedikit renungan sambil menunggu Sholat Subuh. Bakda subuh masih ada 1 materi lagi tentang Motivasi yang disampaikan Bapak Anang Junanta. Materi diakhiri pukul 05.30 WIB. Setelah istirahat sebentar kegiatan dilanjutkan dengan Outbond sampai dengan jam 10.00 WIB.















































Selengkapnya → One Night In Mosque

Sabtu, 24 Januari 2009

Persiapan Malam Bina Iman Dan Takwa TPA Al Hikmah Toyan

Satu lagi kegiatan yang akan dilaksanakan TPA pada bulan ini adalah Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) ”One Night In Mosque”. Kegiatan ini pernah/sering dilaksanakan oleh generasi sebelumnya. Kalau dulu Mas-mas menyebutnya Semalam Di Masjid.
Namun berbeda dengan pelaksanaan Mabit Tahun 2008 lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini sedianya akan diikuti oleh santriwan/wati dari 3 masjid disekitar Toyan dan rencananya akan dilaksanakan pada 24-25 Januari 2009 bertempat di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan. Adapun TPA yang akan diikutsertakan/diundang adalah TPA Mujahidin Conegaran, TPA Al Himmah Dayon, dan TPA Al Hikmah sendiri.

Guna suksesnya kegiatan terebut telah dilaksanakan rapat awal pada hari Sabtu, 17 Januari 2009 yang mengundang Takmir Masjid, Direktur TPA, Ustadz/ah dari masjid yang bersangkutan. Rapat memutuskan masing-masing masjid akan mengirim santriwan/wati untuk mengikuti
Mabit, akan diberikan surat ijin orang tua/wali dan dikumpulkan paling lambat Kamis, 22 Januari 2009.
Dari hasil rekapitulasi pendaftaran, jumlah peserta yang telah masuk sejumlah 50 santriwan/wati, terdiri 26 ikhwan dan 24 akhwat. Briefing kedua yang diikuti panitia pelaksana yaitu Rismas dan ustadz/ah Al Hikmah pada Malam Jumat, 22 Januari 2009 dilaksanakan untuk memantapkan jadual kegiatan, pemateri, kelengkapan administrasi, tempat/asrama yang akan digunakan, teknis pelaksanaan outbond, peta, games/permainan dan lain-lain.
Ya.... peserta sudah didata, panitia sudah siap, software dan hardware juga sudah siap. Tinggal pelaksanaannya. Semoga Sukses.

Selengkapnya → Persiapan Malam Bina Iman Dan Takwa TPA Al Hikmah Toyan

Senin, 19 Januari 2009

Komputer Baru, Semangat Baru Santri TPA

Sekarang kalau praktek komputer sudah tidak ”uyuk-uyukan” lagi Mas, kata santriwan/wati Al Hikmah. Ya.. tidak ada kata lain selain puji syukur alhamdulillah, karena satu lagi nikmat Alloh pada Keluarga Besar Al Hikmah.

Free Smiley Face Courtesy of www.FreeSmileys.org Free Smiley Face Courtesy of www.FreeSmileys.org

Bulan ini kita diberikan rezeki untuk pengadaan komputer baru lagi. Sehingga total komputer yang ada sekarang adalah 4 (empat) paket. Semoga bermanfaat dan menambah semangat buat TPA. Amin.








Selengkapnya → Komputer Baru, Semangat Baru Santri TPA

Selasa, 13 Januari 2009

Atasi Kejenuhan Dengan Cycling Ke Gua Kebon

Guna mengisi akhir liburan sekolah tengah semester bagi santriwan/wati TPA Ahad, 11 Januari 2009 dilaksanakan cycling ke Gua Kebon yang terletak di Desa Krembangan, Panjatan, Kulon Progo. Kegiatan diikuti oleh 40 peserta. Perjalanan dimulai pukul 07.30 WIB berangkat dari Masjid Al Hikmah Toyan. Sampai lokasi sekitar pukul 08.30 WIB, dilanjutkan dengan kegiatan permainan semacam outbound guna tambah mengakrabkan diri.
Free Smiley Face Courtesy of www.FreeSmileys.org
Oia..., kegiatan ini juga diikuti oleh sebagian Rismas Al Hikmah yang semakin menambah gayeng acara. Permainan yang dilaksanakan diantaranya Pantomin, Jaring laba-laba, Tarung naga, dan Mana Bolaku. Kegiatan diakhiri pukul 11.30 WIB dilanjutkan perjalanan kembali ke Masjid. Setelah sholat dzuhur dan makan siang di masjid, peserta diperkenankan pulang ke rumah masing-masing.

Harapannya dengan kegiatan ini adik-adik santriwan/wati dapat fresh kembali setelah liburan sekolah. Dan lebih semangat dalam menghadapi semester baru baik di sekolah maupun di TPA.




Selengkapnya → Atasi Kejenuhan Dengan Cycling Ke Gua Kebon

Rabu, 07 Januari 2009

Pengajian Malam Ahad Kembali Berjalan

Setelah sekian lama kegiatan pengajian rutin Rismas tidak berjalan, mulai malam Ahad, 3 Januari 2009 Rismas berinisiatif pengajian Malam Ahad kembali diadakan. Pengajian Malam Ahad perdana untuk Tahun 2009 ini sedianya akan diisi oleh Mas Wagiran. Namun karena beliau berhalangan hadir akhirnya pengajian diisi oleh Mas Aan. Materi yang dibahas dalam pengajian tersebut adalah kewajiban membaca (Iqro`) bagi setiap manusia sesuai wahyu pertama QS. Al Alaq : 1-5. Pengajian Malam Ahad ini sedianya akan dilaksanakan setiap 2 minggu sekali berselang-seling dengan kegiatan semaan Al Quran yang juga dilaksanakan setiap 2 Ahad sekali.

Selengkapnya → Pengajian Malam Ahad Kembali Berjalan

Jumat, 02 Januari 2009

Infak Idul Adha 1429 Hijriyah












Panitia Penyelenggara Sholat Ied (PPSI) Jembatan Timbang Kulwaru Kamis, 1 Januari 2009 pukul 19.30 WIB bertempat di serambi Masjid Al Hikmah Toyan melaksanakan Perhitungan Infak Sholat Ied Adha 1429 H. Jumlah jamaah yang mengikuti Sholat Ied Adha kurang lebih berjumlah 1956 orang.

Sedangkan infak yang terkumpul sejumlah Rp. 2.877.450,- dengan perincian Rp. 825.000,- Hitungan Infak dan Rp. 2.052.450 Infak Edaran. Dari Infak yang diperoleh telah dibagikan ke 12 Masjid dan Mushola di wilayah penyelenggaraan sholat ied, dan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan. Total infak yang dibagikan sejumlah Rp. 2.200.000,-. Dan sejumlah Rp. 877.450,- digunakan untuk saving pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1430 H.


Selengkapnya → Infak Idul Adha 1429 Hijriyah

Kamis, 01 Januari 2009

Pembubaran Panitia Qurban

haBertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan Rabu, 31 Desember 2008 dilaksanakan pembubaran panitia qurban 1429 H. Dari 26 Peserta qurban terdiri dari 21 peserta qurban sapi dan 5 peserta qurban kambing diperoleh 301,01 kg daging (belum termasuk sampil dan hati) yang dibagikan kepada 155 warga/jamaah masjid Al Hikmah Toyan, 60 orang tenaga (pekothah), disalurkan ke daerah rawan kristenisasi diantaranya Banjarasri, Banjararum, Kokap, 7 Ustadz TPA, dan lain-lain.

Dalam sesi tanya jawab (saran dan masukan) diperoleh beberapa saran untuk perbaikan penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban tahun-tahun yang akan datang diantaranya perlunya dibentuk seksi pengawasan penyembelihan dan pembagian daging, perlunya pembelian alat-alat baru (seperti wungkal, kapak dll) guna pelaksanaan operasional penyembelihan tahun yang akan datang. Dari panitia penyembelihan masih terdapat sisa dana operasional sejumlah Rp. 213.000,- yang selanjutnya dana tersebut diserahkan kepada TPA Al Hikmah guna tambahan dana operasional.

Selengkapnya → Pembubaran Panitia Qurban